Ini Dia Cara Mudah untuk Mencegah Penyakit Ambeien

Kategori │Kesehatan & Kecantikan

Salah satu penyakit yang termasuk tidak terlalu berbahaya namun sering kali diderita oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama para wanita yang berada pada usia produktif. Penyakit yang satu ini biasanya dapat terjadi karena adanya pembuluh darah pada bagian anus yang membengkak sehingga biasanya menimbulkan rasa yang cukup sakit dan membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Penyakit ini juga dapat terjadi karena Anda kurang mengonsumsi makanan berserat setiap harinya atau karena kebanyakan duduk dalam waktu yang cukup lama, yang dimana membuat aliran darah pada bagian dubur menjadi tertekan sehingga menyebabkannya mengalami penebalan jaringan mati. Untuk Anda yang mengidap penyakit ini, akan lebih disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan pedas, minum minuman beralkohol, dan tidak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi. Penyakit ini sebenarnya dapat Anda cegah dengan sangat mudah, yakni dengan menerapkan beberapa cara pintar di bawah ini:

1. Makanan Berserat dan Minum Air
Cara pencegahan pertama yang bisa Anda lakukan agar tidak mengalami penyakit ambeien ini adalah dengan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi. Makanan yang mengandung serat dan juga menyehatkan seperti sayuran dan buah-buahan sangat direkomendasikan untuk Anda konsumsi secara rutin setiap harinya. Serat dapat membantu memperlancar pencernaan dan juga membuat feses menjadi lebih lunak dan lebih besar sehingga akan sangat mudah untuk dikeluarkan. Pastikan juga untuk banyak minum minimal 2 liter setiap harinya.

2. Olahraga Teratur
Selain mengonsumsi makanan berserat serta minum air yang banyak, Anda juga sangat dianjurkan untuk melakukan olahraga secara teratur untuk mencegah terjadinya ambeien. Dengan berolahraga, maka aliran pada pembuluh darah balik atau vena pun akan menjadi lebih lancar. Disamping itu, olahraga juga sangat berkhasiat untuk menyehatkan tubuh serta menghilangkan lemak dan kegemukan pada tubuh Anda yang juga sering dianggap menjadi salah satu penyebab seseorang menderita penyakit ambeien tersebut. Apa pun jenis olahraganya, lebih baik untuk melakukannya setiap hari atau beberapa waktu sekali secara teratur.

3. Tidak Duduk Terlalu Lama
Salah satu penyebab terjadinya ambeien pada masyarakat Indonesia adalah karena terlalu sering duduk dalam jangka waktu yang cukup lama. Untuk itu, lebih baik untuk duduk tidak terlalu lama agar tidak mengalami penyakit tersebut. Berdiri terlalu lama juga dapat menyebabkan ambeien, oleh karena itu pastikan jika waktu duduk dan berdiri tidak terlalu lama dan perbanyaklah aktivitas. Selain itu, Anda juga tidak dianjurkan untuk duduk di WC dalam waktu yang lama karena dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah vena pada bagian anus.

4. Mengedan Terlalu Lama
Ketika akan buang air besar atau yang kerap disebut juga dengan BAB, biasanya kita akan mengedan atau menahan napas agar kotoran dapat keluar dengan mudah. Namun jangan keseringan melakukan hal ini karena dapat membuat pembuluh darah vena mengalami peningkatan tekanan serta menimbulkan resiko terkena ambeien lebih tinggi. Pastikan untuk tidak melakukan hal tersebut dalam waktu yang lama.

5. Jangan Menahan BAB
Salah satu tindak pencegahan ambeien yang paling mudah adalah dengan tidak menahan BAB dalam waktu yang lama. Hal ini nyatanya dapat menyebabkan feses menjadi lebih keras dan mengering. Alhasil feses akan lebih sulit untuk keluar dan membuat Anda harus mengedan dengan lebih kuat serta lebih lama lagi. Mengedan terlalu lama dapat membuat tekanan pembuluh darah balik menjadi lebih meningkat sehingga menimbulkan resiko akan mengidap ambeien.

Jangan lupa bahwa biasanya setiap penyakit memiliki beberapa pantangan dan biasanya itu berupa makanan dan minuman, Anda bisa cek informasi pantangan penyakit ambeien tersebut.


  • Artikel (Kesehatan & Kecantikan)dari kategori yang sama



    削除
    Ini Dia Cara Mudah untuk Mencegah Penyakit Ambeien